Pengertian dan Konsep
New Media
Pengertian New media
adalah New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan
Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media
merupakan Sarana perantara yang baru . Baru dalam arti di sini dilihat dari
segi waktu, manfaat,produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat di sebut
sebuah istilah yang di maksudkan untuk mencakup kemunculan digital , komputer,
atau jaringan teknologi
istilah
yang dimaksudkan untuk mencakup
kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi
di akhir abad ke-20. Sebagian besar
teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali
memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat,
interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang
terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara
khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online
forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar,
2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era.
Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi,
dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang
pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media
teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC
maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama
pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Sementara menurut McQuail,
media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi;
distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan
komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.
Konsep New media
Sebagian besar teknologi yang digambarkan
sebagai " media baru " adalah digital , sering kali memiliki karakteristik
yang dimanipulasi , menggunakan jaringan , padat , kompresibel , dan interaktif
. Beberapa contoh mungkin internet , website , multimedia komputer , game
komputer , CD -ROM , dan DVD. Media baru tidak termasuk program televisi , film
, majalah, buku , atau publikasi berbasis kertas - kecuali mereka mengandung
teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital " .
Sebagai konsekuensi dari merangkum cepat
Media Baru oleh bisnis, komunikasi, dan lain-lain, pertanyaan " apa itu
New Media? " tidak menerima tanggapan resmi atau standar yang ditetapkan.
Sebaliknya , tanggapan untuk pertanyaan ini sering mensyaratkan serangkaian
kata kunci basi atau frase kosong yang efektivitasnya yang belum ditentukan .
Pertanyaan tentang media baru bukan pertanyaan yang hanya seperti daftar mainan
baru dan alat-alat. Sebaliknya , ada pertanyaan kualitatif yang kita kaitkan
sebagai produk atau elemen dari New Media . Sebuah pertanyaan yang baik sebagai
ganti dari " apa itu New Media? " Adalah " apa yang bukan New
Media? ". Yang pasti , ada beberapa petunjuk pasti untuk membimbing
pertanyaan para pengguna abad 21.
Istilah " media baru " tampaknya
lari dari pengertian aslinya. Secara luas , media baru adalah cara mengatur
awan teknologi , keterampilan , dan proses yang berubah begitu cepat sehingga
tidak mungkin untuk sepenuhnya menjelaskan apa alat dan proses tersebut.
Misalnya, ponsel di akhir 1980-an bisa dianggap sebagai bagian dari media baru
, sementara hari ini istilah mungkin hanya berlaku secara selektif untuk jenis
dari telepon tertentu dengan sistem aplikasi yang diberikan , atau bahkan yang
lebih umum , isi dari aplikasi tersebut. Bagian dari kesulitan dalam
mendefinisikan New Media adalah bahwa ada kualitas yang sulit dipahami untuk
gagasan dari kata " baru”. Kemungkinan tak terbatas untuk komunikasi,
untuk inovasi , dan pendidikan tentu saja merupakan elemen dasar yang membentuk
konsepsi kita tentang penggunaan New Media mulai saat ini.
Namun demikian, dalam mencari definisi "
New Media " kita perlu beberapa prinsip dasar yang dapat membantu kita
mendapatkan pemahaman positif yang lebih baik dari apa itu New Media apa yang
bukan New Media. New Media dapat dicirikan dengan penggunaan beraneka ragam
gambar , kata , dan suara . Jaringan dari gambar, suara , dan data teks
tersebut berbeda dari format media lama seperti surat kabar cetak karena
karakteristik bersarang (nesting).
Nesting adalah cara mengatur penyajian
informasi yang sesuai dengan subyek sementara perhatian tambahan untuk konteks.
Di tempat konteks , nesting ( paling sering terlihat di teks atau gambar hyper-
linking ) adalah format yang menumbuhkan organisasi dengan cara di mana elemen
berinteraksi satu sama lain , bukan hanya mengikuti perintah langsung.
Organisasi data baru ini tidak memerlukan " back story " dan setiap
elemen interaktif informasi berdiri sendiri. New Media memerlukan penafsiran
non-linear , karena banyak sumber yang sering berorientasi di sekitar subjek –
pusat yang sama, tetapi tidak selalu disusun . Pada sekarang ini semua ini
berarti bahwa salah satu ciri utama dari New Media adalah bahwa ia dibebaskan
dari pembatasan linear format lama seperti surat kabar , buku , dan majalah .
Mungkin konsepsi New Media ini hanya bagian
dari seluruh gambar dan garis kerangka diskusi yang lebih mendalam . Kami
menyadari bahwa banyak antarmuka secara online memperkaya pengalaman
universitas dan kantor, membuat nesting dan penulisan yang dapat dipahaim,
drop- box , dan dukungan chat berbasis pusat . Hal pertama yang disadari oleh
siapa saja yang menggunakan " New Media " di abad dua puluh satu ini
adalah bahwa teknologi dan kemampuan untuk inovasi tidak selalu menentukan
kegunaannya atau itu potensial. Tentu saja, itu semua berada di bahu pengguna.
http://ikhsanturion.blogspot.co.id/2013/10/pengenalan-dan-konsep-new-media.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar